Website Terkecil di Dunia


Assalamu’alaikum
Postingan kali ini saya akan membahas antarmuka suatu web yang menarik sekaligus menyebalkan dan sesuai dengan judul postingan ini : "Website Terkecil di Dunia", yaitu guimp.com.
Halaman utama guimp.com
Anda mungkin akan dibuat bingung ketika mengunjungi halaman web tersebut. hanya terdapat sebuah gambar kotak kecil ditengah layar dan ketika ditekan akan membawa kita ke sebuah halaman web yang berisi gambar kotak kecil lainnya. Anda mungkin bertanya-tanya, "Mana konten web ini?", "Apa maksud kotak-kotak kecil ini?", "Apa maksud dari semua ini?!". Sabar. Perhatikanlah isi dari kotak-kotak kecil tersebut, zoom-in/gunakan tools magnifier untuk melihat jawaban dari semua pertanyaan anda. Yup, konten web ini disajikan di dalam kotak-kotak kecil tersebut.
Tampilan Home guimp.com, diperbesar 5 kali
Halaman utama guimp adalah sebuah kotak kecil berisi animasi, hanya itu. Tidak ada lagi hal lain yang dapat anda lakukan selain meneka kotak tersebut, yang akan membawa anda ke 'kotak home'. Pada 'kotak home' terdapat link yang menuju ke alanoutten.com, yaitu halaman web sang pencipta web terkecil di dunia ini. Dua link lainnya adalah link yang menuju ke 'kotak flash' (yang berisikan aplikasi/game) dan 'kotak blog'. 
Sistem navigasi guimp.com
Mari kita coba kunjungi 'kotak flash'.Sistem navigasi pada 'kotak flash' ini bisa dibilang cukup sangat simpel. Hanya terdapat judul aplikasi yang ketika ditekan akan menjalankan aplikasi, tombol panah untuk mengganti aplikasi yang akan dijalankan dan sebuah icon kecil yang akan membawa kita kembali ke home. Rata-rata control yang digunakan pada aplikasi yang disediakan oleh guimp.com adalah menggunakan panah pada keyboard atau dengan menggunakan cursor mouse.

Game Pacman pada guimp.com, diperbesar 5 kali
Bila kita menilai usabilitas serta nilai estetika atau keindahan dari guimp.com wajar bila kita memberikan nilai yang buruk. Tapi, user experience yang diberikan sangatlah menarik. Anda dapat mencoba bermain Pacman super kecil atau bahkan bermain piano yang lebar tombolnya hanya beberapa pixel saja. Hal tersebut terbukti karena guimp.com berhasil mencatatkan 5 juta pengunjung dalam tahun pertamanya dirilis pada 2002.

Sekian ulasan antarmuka guimp.com yang akan saya berikan. Selamat bersenang-senang.


Wassalamu’alaikum



Blog teman yang saya komentari : 







3 comments

3 comments :

  1. wah keren sekali bro, , ngodingnya pake apa hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya sih html biasa + sedikit flash untuk bagian aplikasinya :)

      Delete