Match Between System and the Real World - CppDroid

"The system should speak the users' language, with words, phrases and concepts familiar to the user, rather than system-oriented terms. Follow real-world conventions, making information appear in a natural and logical order." - Jakob Nielsen

Problem 1 - Icon Keyboard yang tidak lazim

CppDroid mempunyai fitur keyboard bawaan yang akan mengganti keyboard default anda ketika digunakan. Untuk memunculkan keyboard tersebut anda dapat menekan tombol yang berlambang pensil pada bagian bawah aplikasi. Penggunaan lambang pensil tersebut menurut saya kurang tepat karena umumnya keyboard menggunakan lambang yang serupa dengan keyboard pada umumnya. 




Solution :
Solusi yang dibutuhkan untuk memperbaiki problem ini adalah dengan mengganti icon toggle button tersebut dengan icon yang lebih pantas seperti misal icon-icon berikut :
  

Severity Rating terhadap problem di atas saya nilai cukup tinggi karena dapat mempengaruhi kinerja user yang tidak mengetahui fungsi keyboard yang ada.

Severity Rating : 3

_____________________________________________________________________

Problem 2 - Penggunaan gesture swipe untuk menambahkan karakter spasi

Keyboard yang ditawarkan oleh CppDroid tidak memiliki tombol spasi. Saat pertama kali menggunakan saya mengalami masalah karena tidak dapat melakukan proses pengetikan karakter spasi. Keyboard CppDroid menggunakan gesture 'swipe to right' untuk menambahkan karakter spasi.


Solution :
Saya menilai bahwa penggunaan gesture untuk menambahkan karakter spasi tidak efisien. Selain karena dibutuhkan effort tambahan untuk menambahkan karakter spasi, tidak semua user dapat dengan mudah menemukan interaksi tersebut. Oleh karena itu, saya menilai bahwa Severity Rating untuk problem ini Cukup Tinggi

Severity Rating : 3
No comments

No comments :

Post a Comment