User Control and Freedom - CppDroid

"Users often choose system functions by mistake and will need a clearly marked "emergency exit" to leave the unwanted state without having to go through an extended dialogue. Support undo and redo." - Jakob Nielsen

Problem 1 - Tidak terdapat fungsi Undo pada Quick Menu

CppDroid memiliki tampilan utama yang sangat minimalis. Pada bagian atas aplikasi hanya terdapat 4 tombol, yaitu Save, Compile, Run, dan Menu. Namun, terdapat satu fungsi yang menurut saya sangat sering digunakan sehingga selayaknya diletakkan pada Quick Menu. Fungsi tersebut adalah fungsi Undo. CppDroid meletakkan fungsi Undo sebagai child dari submenu Edit.




Solution :
Fungsi Undo menurut saya sangat penting untuk diletakkan pada Quick Menu karena kemungkinan terjadi kesalahan pengetikan pada saat melakukan penulisan baris kode sangat tinggi. Oleh karena itu, saya memberikan Severity Rating Cukup Tinggi karena menurut saya problem ini sebaiknya segera dibenahi.

Severity Rating : 3

___________________________________________`__________________________

Problem 2 - Tidak ada tombol navigasi pada saat Running

Pada saat running baris kode yang telah dibuat oleh user, CppDroid tidak menyediakan tombol apapun untuk melakukan navigasi dari jendela run. Untuk kembali ke halaman pengeditan baris kode dilakukkan dengan menekan tombol hardware back. Hal tersebut menurut saya kurang baik karena tidak ada elemen yang menunjukkan bahwa user dapat melakukan navigasi dari jendela Running tersebut.


Solution :
Minimnya menu navigasi serta ketidakjelasan cara bernavigasi dari halaman Running tersebut menurut saya kurang baik, namun tidak memiliki Severity Rating yang tinggi

Severity Rating : 2
No comments

No comments :

Post a Comment