Visibility of System Status - CppDroid

"The system should always keep users informed about what is going on, through appropriate feedback within reasonable time" - Jakob Nielsen

Problem 1 - Tidak ada pemberitahuan ketika proses kompilasi dimulai

Kompilasi adalah salah satu fungsi yang paling penting pada sebuah Integrated Development Environment (IDE). Pada CppDroid, proses kompilasi dilakukan dengan menekan tombol Compile. Proses kompilasi akan langsung dimulai ketika tombol Compile tersebut ditekan, namun informasi mengenai dimulainya proses kompilasi tidak ditampilkan. Hanya ketika proses kompilasi selesai informasi mengenai status proses kompilasi diberikan kepada user menggunakan Toast.

Solution :
Penambahan informasi status mengenai proses kompilasi secara lebih lengkap akan membantu user untuk mengetahui proses kompilasi yang sedang berlangsung. Informasi tersebut dapat ditampilkan dengan menggunakan sebuah Progress Bar yang menandakan seberapa jauh proses kompilasi telah berlangsung. Namun dengan adanya Toast ketika proses kompilasi selesai, saya menilai bahwa severity rating untuk problem ini kecil.

Severity Rating : 1

_____________________________________________________________________

Problem 2 - Tidak ada pemberitahuan ketika fail berhasil disimpan

Sebelum melakukan kompilasi, fail yang akan dikompilasi wajib untuk disimpan terlebih dahulu. Penyimpanan fail dilakukan dengan menekan tombol Save. CppDroid tidak memberikan informasi status penyimpanan ketika fail telah berhasil disimpan sehingga dapat berakibat user melakukan penyimpanan fail berkali0kali karena tidak tahu bahwa fail berhasil disimpan.


Solution :
Penambahan informasi status mengenai proses penyimpanan fail akan sangat membantu user. Informasi tersebut dapat ditampilkan dengan menggunakan sebuah Progress Bar yang menandakan seberapa jauh proses penyimpanan fail telah berlangsung. Saya menilai Severity Rating untuk problem ini Tinggi karena sangat berpengaruh pada alur kerja user.

Severity Rating : 4
3 comments

3 comments :

  1. Untuk kasus yang kedua, saya setuju dengan ghiffary. Jika save tidak diberikan informasi ketika file berhasil disimpan, yang akan dilakukan user adalah spam klik pada tombol save dengan harapan file telah tersimpan :'). Hal tersebut membuat user harus melakukan save berkali - kali demi memastikan file telah tersimpan, dan hal tersebut kurang efektif.

    Semangat~
    drbears.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Solusi pada problem 2 menurut saya cukup tepat karena jika nantinya sudah diimplementasikan akan mengubah cara pandang user dengan menekan save berkali - kali menjadi menekan satu kali. Hal ini akan menambah efisiensi kerja karena mengurangi hal yang tidak perlu.

    ReplyDelete
  3. Saya setuju dengan hasil evaluasi pada masalah kedua. Hal tersebut dapat membingungkan user, tidak ada informasi bahwa kodingan sudah tersimpan atau belum, sehingga memunculkan mental model user untuk melakukan tap berkali-kali pada icon "save". Good job! :D

    ReplyDelete